Header AD

Hentikan puasa jika merasakan hal ini saat menyusui...!





Berpuasa sambil menyusui memang diperbolehkan, selama tidak membahayakan bayi dan ibu. Beberapa tips juga bisa dilakukan agar ASI tetap lancar saat berpuasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tubuh wanita sebenarnya tak banyak terpengaruh meski menyusui saat berpuasa.

Meski begitu, kesehatan setiap orang tentu berbeda. Jika ibu mengalami beberapa gejala tak baik pada tubuh sebaiknya hentikan berpuasa. Berikut adalah beberapa tandanya, seperti dilansir oleh Baby Center (07/02/12).

1. Mengalami dehidrasi dan merasa sangat kehausan

Dehidrasi atau rasa haus yang parah akan mengurangi produksi ASI sekaligus bisa membahayakan ibu. Jika ini terjadi pada ibu, sebaiknya segera hentikan berpuasa dan minum air yang banyak. Ibu juga bisa mengonsumsi buah dan sayur untuk menjaga cairan tubuh tetap terjaga.

2. Urin berwarna gelap dan berbau tajam

Urin yang berwarna gelap dan berbau tajam adalah tanda kurangnya cairan dalam tubuh. Jika diabaikan, bisa berbahaya bagi kesehatan ibu dan produksi ASI anak. Ketika ibu mendapati tanda ini, sebaiknya segera membatalkan puasa.

3. Merasa lesu, lemah, dan akan pingsan

Ibu harus segera menghentikan puasa dan beristirahat jika menemui tanda-tanda semacam ini. Ini berarti bahwa tubuh ibu membutuhkan asupan energi dan nutrisi selama menyusui, jadi jangan dipaksa untuk berpuasa. Lagipula, hal semacam ini juga bisa berpengaruh terhadap ASI dan kesehatan bayi.


4. Sakit kepala dan merasa sakit

Merasakan sakit di beberapa bagian tubuh atau sakit kepala bisa jadi merupakan tanda kekurangan cairan atau gangguan kesehatan lainnya. Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein juga bisa menyebabkan ibu mengalami sakit kepala. Sebaiknya ibu perhatikan lagi makanan yang dikonsumsi. Jika sakit kepala dan rasa sakit di bagian tubuh masih terasa, segera hentikan berpuasa.

Berpuasa di bulan puasa memang diganjar dengan banyak pahala dan wajib bagi mereka yang mampu melaksanakannya. Namun ini bukan berarti ibu harus memaksakan diri untuk berpuasa. Jika tanda-tanda di atas sering dialami oleh ibu, sebaiknya hentikan berpuasa demi kesehatan ibu dan bayi. Jika tanda-tanda di atas tak segera hilang meski sudah berhenti berpuasa dan istirahat, segera hubungi dokter.


Sumber Google, Merdeka
Hentikan puasa jika merasakan hal ini saat menyusui...! Hentikan puasa jika merasakan hal ini saat menyusui...! Reviewed by Account Peluru on 03.30.00 Rating: 5

Tidak ada komentar